Penyidik KPK Semakin Berkurang

Semakin banyaknya kasus yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ternyata tidak sebanding dengan jumlah penyidik yang menangani kasus-kasus disana. Hal ini terungkap ketika Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Dedi A Rahim menyatakan hal tersebut kepada wartawan pada saat launching becak model antikorupsi di Asri Medical Center (AMC) di Jl HOS Cokroaminoto, Yogyakarta, Rabu (23/4/2014).

Jika jumlah kasus yang saat ini sedang ditangani oleh KPK sebanyak 80 kasus, ternyata jumlah penyidik hanya 62 orang saja. Pengurangan jumlah penyidik tersebut dikarenakan oleh berbagai hal, diantaranya karena adanya penarikan oleh instansi kepolisian.

Sebelumnya jumlah penyidik di KPK sebanyak 90 orang, namun pada tahun lalu ada sebanyak 20 orang penyidik dari Polri yang ditarik sehingga berkurang menjadi 70 orang. Dari 70 orang itu kemudian ada 7 orang penyidik yang tidak lenajutkan karena ingin berkarir di kepolisian.

Idealnya satu penyidik menangani satu kasus, namun karena kekurangan jumlah ini maka saat ini ada beberapa penyidik yang memegang lebih dari satu kasus.

182 total views, 1 views today

Tags: ,

FACEBOOK COMMENT