Rencana Bank Mandiri Akuisisi BTN Ditunda, Ini Dia Alasannya

Rencana Bank Mandiri untuk melakukan akuisisi atas Bank Tabungan Negara (BTN) ditunda. Hal ini terungkap pada saat pemerintah melalui Sekretariat Kabinet, Dipo Alam, menyatakan untuk melarang akusisi itu dilakukan menjelang Pemilu 2014.

Hal ini sudah sesuai dengan surat edaran yang sebelumnya telah diedarkan kepada 3 kementrian diantaranya Kementerian BUMN, Kementerian Perekonomian dan Kementerian Keuangan.

“Dalam surat edaran (SE) Nomor 5 tahun 2014 telah dikemukakan. Masalah rencana BTN dan Bank Mandiri, saya sudah tulis surat untuk tidak mengambil kebijakan strategis yang berdampak luas kepada masyarakat dan membebani pemerintahan ke depan,” jelas Dipo pada saat konferensi pers di Kantor Sekretariat Negara RI, Jakarta, Rabu kemarin.

Sebelumnya diberitakan Menteri BUMN Dahlan Iskan termasuk yang kecewa dengan rencana penundaan akuisisi BTN oleh Bank Mandiri ini. Dahlan Iskan menilai bahwa saat ini menjadi momentum yang tepat jika dilakukan akuisisi tersebut untuk masa depan yang lebih baik.

Hal senada juga didengungkan oleh banyak pihak diantaranya para pengusaha yang menilai bahwa dengan dilakukannya akuisisi tersebut maka kekurangan modal yang diderita BTN untuk memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat Indonesia bisa teratasi.

Namun berbeda dengan pihak-pihak tersebut, pihak Real Estat Indonesia (REI) justru menilai jika akuisisi dilakukan maka dikhawatirkan fungsi BTN sebagai satu-satunya bank yang sudah terbukti dan teruji akan fokus utamanya dalam pemenuhan kebutuhan perumahan di Indonesia tidak lagi bisa dilakukan secara maksimal.

(ARChannelBerita)

178 total views, 1 views today

Tags: , , , , ,

FACEBOOK COMMENT