Muhammadiyah Telah Tetapkan Awal Ramadhan Akan Jatuh Pada Tanggal Ini

ChannelBerita.com РMeskipun bulan Ramadhan masih sekitar 2 bulan lagi menjelang, namun Dewan Pengurus Pusat Muhammadiyah telah memutuskan kapan awal puasa pada  Ramadhan tahun ke 1435 Hijriyah atau bertepatan tahun 2014 masehi kali ini diperkirakan akan jatuh.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menetapkan tanggal 1 Ramadhan tahun ini akan jatuh pada tanggal 27 Juni 2014. Hal itu disampaikan beliau di gedung PP Muhammadiyah, Selasa malam (29/4/2014).

Meskipun seringkali terjadi perbedaan pada penetapan tanggal 1 Ramadhan, namun Muhammadiyah mengharapkan di tahun ini baik awal puasa maupun nantinya hari raya Idul Fitri akan bisa berbarengan, bersama-sama dengan keputusan pemerintah.

Menurut Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin, metode Astrofotografi bisa menjadi “jembatan” atau jalan tengah bagi hisab (perhitungan matematis) dan rukyat (melihat bulan sabit secara kasat mata) dalam penentuan awal Ramadhan dan Syawal (Idul Fitri).”

Seperti diketahui bahwa untuk penentuan awal puasa dan penetapan hari raya Idul Fitri, pemerintah selalu menyelenggarakan sidang Itsbat menjelang tanggal tersebut, namun Muhammadiyah selalu menolak untuk hadir karena telah menetapkan tanggal awal puasa maupun Idul Fitri lebih dulu dengan metode yang merea miliki. (ARChannelBerita)

195 total views, 1 views today

Tags: , , , , , , ,

FACEBOOK COMMENT