Ini Dia Himbauan Pemerintah untuk Anda Menunda Ibadah Umroh dan Haji Tahun Ini

ChannelBerita.com – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Menterinya menghimbau bagi masyarakat Indonesia untuk menunda keberangkatan ibadah haji dan umroh tahun ini. Himbauan tersebut disampaikan Nafsiah Mboi di Kemenko Kesra di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (5/5/2014).

Namun himbauan ini baru sebagai himbauan saja, belum menjadi larangan, dan inipun hanya diberlakukan bagi jamaah yang berada pada kondisi tertentu. Seperti disampaikan beliau, “Dianjurkan menunda umroh atau haji tahun ini jika ada kondisi sebagai berikut, sakit kronis, daya tahan tubuh rendah, usia di atas 65 tahun (lansia), dan hamil dan anak (di bawah 12 tahun)”.

Himbauan ini dikarenakan oleh semakin merebaknya Virus MERS-CoV yang saat ini penyebarannya sudah mencapai benua Amerika. Virus yang diduga berasal dari Unta di kawasan Jazirah Arab ini menyerang dengan beberapa kondisi seperti menyerang sistem pernapasan, sehingga mengakibatkan orang yang terjangkitnya demam, batuk, dan parahnya menyerang radang paru-paru (pneumonia) serta gagal ginjal. Namun, menurut WHO, gejala lainnya yang ditimbulkan juga adalah berhubungan dengan lambung dan usus seperti diare.

Jalur penularan virus ini diduga melaui kontak mata dan hidung. Hal ini didasarkan pada penelitian yang menyebutkan bahwa ditemukan jumlah yang sangat tinggi virus ini di kedua bagian tersebut pada binatang Unta.

Sampai saat ini belum ada vaksin khusus untuk pencegahan serangan virus MERS-CoV ini. (ARChannelBerita)

239 total views, 1 views today

Tags: , , , , ,

FACEBOOK COMMENT