Ini Dia Alasan Mengapa Tugu Monas Ditutup Untuk Umum

ChannelBerita.com – Tugu Monumen Nasional (Monas) yang dikenal bukan hanya sebagai ikon kota Jakarta, namun juga sebagai ikon Indonesia kini ditutup. Penutupan itu dilakukan sejak tanggal 5 Mei 2014 hingga tanggal 18 Mei 2014 mendatang.

Penutupan ini dilakukan karena akan dilakukan pembersihan tugu tersebut yang sudah sekitar 22 tahun tidak dibersihkan. Seperti diketahui terakhir tugu Monumen Nasional dibersihkan pada tahun 1992.

Adapun vendor yang akan melakukan pembersihan tugu tersebut adalah dilakukan oleh sebuah perusahaan asal Jerman. Hal ini sempat memicu pertanyaan dari berbagai perusahaan lokal. Namun dijawab oleh pihak Pemerintah Daerah DKI Jakarta bahwa pemilihan vendor tersebut selain gratis juga dipercaya bahwa mereka telah berpengalaman melakukan pembersihan berbagai monumen bersejarah di banyak negara.

Proses pembersihan sendiri akan menggunakan air hangat dan tidak menggunakan cairan kimia sehingga tidak akan merusak permukaan tugu seperti yang dikhawatirkan oleh berbagai pihak. Sedangkan air untuk membersihkan tugu setinggi 130 meter itu sendiri akan diambil dari bawah dengan menggunakan selang sepanjang 160 meter yang dipompa oleh pompa berkekuatan besar sehingga untuk mencegah terjadi sesuatu maka wisata untuk memasuki tugu monas ditutup untuk umum selama 2 minggu tersebut. (ARChannelBerita)

676 total views, 1 views today

Tags: , , , , ,

FACEBOOK COMMENT