Siap-siap, Subsidi Rumah Murah Akan Segera Dihapus oleh Pemerintah

ChannelBerita.com – Mulai tanggal 1 April 2015 atau sekitar satu tahun lagi, pemerintah Indonesia akan segera mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan subsidi bagi rumah murah. Subsidi tersebut diperuntukkan bagi rumah tapak dengan skema pembiayaan KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Rencana kebijakan ini tentu sangat disayangkan oleh masyarakat kelas menengah kebawah. Bukan karena tanpa alasan, dengan kebijakan tersebut berarti kesempatan masyarakat untuk bisa memiliki rumah sendiri semakin kecil.

Namun hal tersebut dibantah oleh pemerintah. Melalui Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, beliau menjelaskan bahwa nanti subsidi hanya akan diberikan oleh pemerintah bagi rumah susun. Sehingga masyarakat tetap masih bisa memiliki rumah sendiri tanpa mengurangi kesempatan mereka, dan yang lebih penting ketersediaan lahan produktif seperti sawah dan ladang yang kini semakin sedikit karena telah banyak dialih fungsikan menjadi lahan pemukiman akan tetap aman.

Dari kebijakan ini juga pemerintah berharap masyarakat akan beralih untuk mulai mengubah gaya hidupnya untuk tinggal di rumah susun. Selain didorong untuk dibangun di kawasan yang lebih dekat dengan perkotaan, rumah susun juga diharapkan akan menghemat ketersediaan lahan resapan dan mengurangi kemacetan. (ARChannelBerita)

349 total views, 1 views today

Tags: , , , , ,

FACEBOOK COMMENT