2014, Penyelenggaraan Pemilu Terburuk di Indonesia?

ChannelBerita.com – Terjadwal seharusnya hari ini, KPU menyelesaikan rekapitulasi suara. Ditengah desakan penyelesaian rekapitlasi suara hari ini, masih ada berbagai permasalahan yang terkait dengan kecurangan-kecurangan yang terjadi selama penyelenggaraan pemilu dan juga banyaknya terjadi tertukarnya surat suara. Kecurangan-kecurangan ini berlangsung masif dan bahkan terbuka sekali, pencoblosan ratusan bahkan ribuan surat suara, aksi penyuapan petugas pemilu, hingga ke penggelembungan suara terhadap caleg tertentu.

Menurut Jimly Asshidiq, ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara pemilu (DKPP), terjadi lonjakan yang signifikan  jumlah laporan yang masuk ke DKPP. Hanya dalam beberapa minggu saja, sudah masuk 100 laporan pelanggaran kode etik. Tidak heran, banyak yang meragukan legitimasi penyelenggaraan pemilu 2014, banyak yang menilai penyelenggaran pemilu 2014 ini lebih buruk dibanding pemilu-pemilu yang lalu, mengingat fakta-fakta yang terjadi di lapangan.

Pihak KPU sendiri menyatakan tidak ada masalah yang signifikan dalam pemilu tahun ini. Dan KPU mengatakan belum membutuhkkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang terkait pelaksanaan pemilu 2014. KPU masih meyakini bisa menyelesaikan rekapitulasi suara hari ini. Hingga saat ini ada sekitar 26 provinsi yang telah disahkan rekapitulasi suaranya oleh KPU. “Kami berharap bisa selesai sebelum pukul empat sore nanti, jam setengah delapan, dijadwalkan ada rapat”, ujar Hadar Nafis, anggota KPU.

Kita tunggu saja , perkembangannya hingga malam nanti. (DA/CB)

253 total views, 1 views today

FACEBOOK COMMENT