Darurat Kejahatan Seksual Terhadap Anak

ChannelBerita.com – Tidak ada lagi tempat yang aman dan nyaman bagi anak-anak. Anak-anak seharusnya mendapatkan perlindungan, kenyamanan , tapi sekarang justru mereka menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan seksual. Kejahatan seksual yang mengancam anak-anak ini terjadi bahkan disekolah, ditempat yang idealnya menjadi tempat yang paling aman dan nyaman untuk anak-anak.

Kejahatan seksual terhadap anak-anak menjadi bola panas yang terus menggelinding bulan iniĀ  setelah terbongkarnya kasus kejahatan seksual di Jakarta International School (JIS). Keberanian ibu dariĀ  korban kejahatan seksual untuk mengungkap kasus ini kepermukaan, menjadi awal terungkapnya banyak kasus serupa.

Publik kembali tercengang dengan tertangkapnya Emon alias AS di Sukabumi. Tak tanggung-tanggung, korbannya diperkirakan lebih dari 100 anak. Berdasarkan data KPAI, dari awal Januari 2014 hingga Mei 2014, sudah 400 kasus pelecehan seksual terhadap anak. Hal ini bisa dikategorikan darurat kekerasan anak, mengingat banyaknya korban anak-anak didalamnya.

Baru-baru ini Presiden Susilo bambang Yoedoyono mencanangkan sebuah Gerakan nasionalpencegahan dan pemberantasan kejahatan seksual terhadap anak. Dalam jumpa persnya, presiden menyatakan akan melakukan gerakan yang agresif, masif dan berkelanjutan untuk menanganiserius masalah kejahatan seksual pada anak. Dan yang tidak kalah penting termasuk penanganan psikologis anak-anak yang telah menjadi korban kejahatan seksual, ujarnya.

Kasus-kasus yang terungkap saat ini, menjadi perhatian banyak pihak. Diperlukan ada efek jera pada para pelaku, hukuman 15 tahun maksimal dianggap belum memberikan efek yg signifikan. Dibeberapa negara sudah berlaku hukum kebiri untuk pelaku kejahatan seksual. (DN/CB)

221 total views, 1 views today

Tags: , , ,

FACEBOOK COMMENT