23.15 WIB Hari Ini, Terakhir MK Menerima Gugatan Sengketa Pileg 2014

ChannelBerita.com – Pasca, KPU mengumumkan rekapitulasi suara sah pemilihan legislatif 2014, Jumat (9/05) , Mahkamah Konstitusi bersiap untuk menampung segala gugatan sengketa pileg. MK telah mempersiapkan berbagai hal untuk menghadapi banyaknya gugatan tersebut, baik gugatan dari partai politik maupun gugatan dari para calon legislatif, ujar Sekjen MK, Janedjri M. Gaffar saat ditemui di gedung MK.

Gugatan yang diterima oleh Mahkamah Konstitusi sendiri harus memenuhi beberapa syarat. Gugatan baik itu partai politik maupun calon legislatif harus didaftarkan melalui partai politik yang ditanda tangani oleh ketua atau pimpinan partai politik dan sekjen partai politik. Janedjri M Gaffar memberi keterangan, hal ini berlaku juga bagi caleg yang akan mengajukan gugatan, tidak ada yg mengajukan orang perorang atau pribadi, semua harus melalui partai politik bersangkutan.

Beberapa partai politik bersiap untuk mengajukan beberapa sengketa pemilu. PDIP , sebagai partai pemenang pemilu 2014 pun turut bersiap mengajukan gugatan sengketa pemilu. PDIP mengaku memiliki bukti kuat adanya dugaan kecurangan pemilu di Jawa Barat, Kalimantan Timur dan Sulawesi Barat. Dugaan pelanggaran itu akan dibawa ke Mahkamah Konstitusi.

Hari ini Senin (12/5/2014), merupakan hari terakhir MK menerima segala berkas sengketa pemilu yang diajukan partai partai politik. MK menunggu hingga pukul 23.51 wib. (DA/CB)

180 total views, 1 views today

Tags: , ,

FACEBOOK COMMENT