Mengenang Kembali Tragedi Trisakti

ChannelBerita.com – Hari ini tepat satu hari setelah 16 tahun berlalu ketika terjadi Tragedi Trisakti. Mari sejenak kita kembali mengenang tragedi tersebut.

Tragedi Trisakti adalah peristiwa penembakan yang terjadi pada tanggal 12 Mei 1998 terhadap mahasiswa pada saat demonstrasi menuntut Soeharto turun dari jabatannya. Kejadian ini menjadi rangkaian dari krisis ekonomi yang melanda Asia dimulai dari tahun 1997.

Mahasiswa Trisakti melakukan aksi damai dari kampus Trisakti menuju Gedung Nusantara pada pukul 12.30. Namun aksi mereka dihambat oleh blokade dari Polri dan militer. Akhirnya setelah negoisasi pada pukul 17.15, para mahasiswa bergerak mundur, namun ternyata diikuti bergerak majunya aparat keamanan. Aparat keamanan pun mulai menembakkan peluru ke arah mahasiswa. Para mahasiswa panik dan bercerai berai, sebagian besar berlindung di universitas Trisakti. Namun aparat keamanan terus melakukan penembakan.

Korban pun berjatuhan, dan dilarikan ke RS Sumber Waras.
Kejadian ini menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta, serta puluhan lainnya luka.
Mereka yang tewas adalah Elang Mulia Lesmana (1978 – 1998), Heri Hertanto (1977 -1998), Hafidin Royan (1976 – 1998), danHendriawan Sie (1975 – 1998). Mereka tewas tertembak di dalam kampus, terkena peluru tajam di tempat-tempat vital seperti kepala, tenggorokan, dan dada. (LE/CB)

236 total views, 1 views today

Tags: , , ,

FACEBOOK COMMENT