Turki Tetapkan 8 Tersangka Buntut Dari Kasus Ledakan Tambang

Channelberita.com – Bencana Ledakan Tambang di Turki ini merupakan kecelakaan pertambangan yang paling parah dalam sejarah, melewati jumlah korban tewas dalam ledakan gas batu bara yang menewakan 263 pekerja tambang di Zonguldak pada 1992.

Buntut dari ledakan tambah terdahsyat dan paling banyak memakan korban di Turki akhirnya menetapkan 8 tersangka dan ditangkap atas perintah pengadilan di Turki pada Senin (10/5). Sebanyak 301 penambang tewas akibat ledakan tersebut yang diperkirakan karena kelalaian petinggi dan jajaran perusahaannya yang mengabaikan atau menyembunyikan informasi tentang tingginya kandungan gas di tambang tersebut.

Termasuk dalam daftar 8 orang yang ditangkap adalah 2 diantaranya Ramazan Dogru, general manager perusahaan tambang Soma Coal, dan Chief Executive Can Gurkan, putra pemilik perusahaan Alp Gurkan,

Penetapan itu dilakukan setelah 26 orang ditahan untuk diinterogasi. Bagi Tersangka lainnya ada yang dibebaskan tapi masih ada kemungkinan dituntut di pengadilan dalam waktu dekat.

Laporan awal penyebab kecelakaan itu, seperti yang dikatakan jaksa Bekir Sahiner, mengindikasikan bahwa api kemungkinan dipicu oleh batu bara yang memanas setelah bersinggungan dengan udara.

Protes terjadi dari karyawan kepada jajaran direksi dan petinggi perusahaan, bahkan perdana menterinya ikut di demo untuk menyelesaikan kasus tersebut. (YS)
 

178 total views, 1 views today

Tags:

FACEBOOK COMMENT