Mengapa Maskapai Lain Enggan Berpindah ke Bandara Halim?

ChannelBerita.com – Sejak resmi dijadikannya bandara Halim Perdanakusuma sebagai bandara komersil pada awal tahun 2014 lalu, dengan menggaet satu maskapai Citilink yang langsung beroperasi dengan menjadikan rute penerbangan dari dan ke bandara tersebut, hingga kini belum ada lagi maskapai lain yang bersedia menambah penerbangan dari dan atau ke bandara Halim Perdanakusuma.

Padahal tanggal 2 Juni 2014 kemarin Citilink telah menambah lagi 6 rute penerbangan di bandara yang memang lebih sering dijadikan sebagai tempat latihan bagi TNI ini.

Pro kontra sempat mewarnai kebijakan pemerintah ketika menjadikan bandara Halim Perdanakusuma ini menjadi bandara yang melayani penerbangan komersil. Dari mulai munculnya kekhawatiran akan terganggunya aktifitas masyarakat hingga kekhawatiran akan mampu atau tidaknya bandara tersebut menyediakan berbagai fasilitas yang seharusnya ada di bandara yang melayani penerbangan komersil.

Citilink melalui CEO-nya, Arif Wibowo mengungkapkan bahwa, “Bagi Citilink, bandara Halim Perdanakusuma merupakan peluang bisnis yang besar, terlebih saat ini kondisi Bandara Soekarno-Hatta yang sudah terlalu padat dari sisi operasional penerbangan”. Citilink juga mengungkapkan bahwa dengan kehadirannya di bandara ini kini mereka telah mengalami peningkatan jumlah penumpang.

Tetapi ada yang menarik ketika 2 maskapai lain ternyata entah mengapa justru membatalkan rencana penambahan rute penerbangan dari dan ke bandara ini. AirAsia serta Lion Air telah membatalkan rencana untuk melakukan penerbangan dengan melibatkan bandara Halim ini, sehingga untuk sementara belum lagi ada rencana penambahan maskapai yang akan bergabung. Kabar beredar bahwa TNI Angkatan Udara sebagai tuan rumah yang biasa melakukan latihan di bandara ini merasa keberatan apalagi jika bandara ini akan dijadikan bandara komersil selamanya. (AR/CB)

245 total views, 1 views today

Tags: , , , , ,

FACEBOOK COMMENT