Beranikah KPU Gelar Debat Capres Bahas Isu Hubungan Internasional dengan Menggunakan Bahasa Inggris?

ChannelBerita.com – Debat Calon Presiden sebagai rangkaian dari kampanye pada pemilihan presiden 2014 mulai memasuki tahap akhir. Rangkaian debat capres ini hanya menyisakan satu kali debat capres, satu kali debat cawapres serta satu kali lagi debat capres dan cawapres.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara debat capres yang akan menggelar debat dengan isu hubungan internasional pada hari minggu 22 Juni 2014 ini didesak untuk menggunakan bahasa inggris sebagai isi dari materi debat. Seperti diketahui bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional yang tentu akan dipergunakan dalam menjalin hubungan dengan berbagai negara oleh presiden terpilih nantinya.

Desakan tersebut muncul ketika sekelompok orang yang menamakan diri Aliansi Masyarakat untuk Pilpres Berkualitas menggelar demonstrasi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Jumat 20 Juni 2014.

Penggunaan bahasa Inggris dalam materi debat memang seharusnya menjadi perhatian KPU. Setidaknya jika tidak memungkinkan seluruh pertanyaan dan jawaban menggunakan bahasa Inggris, paling tidak ada satu atau dua pertanyaan yang mewajibkan peserta debat menggunakan bahasa tersebut. Hal ini dinilai penting untuk menguji seberapa mumpuni kemampuan para calon presiden dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Sebagai gambaran, kita bisa melihat bagaimana gaya kedua capres meladeni berbagai pertanyaan wartawan baik dalam maupun luar negeri dengan menggunakan bahasa Inggris disini. (AR/CB)

354 total views, 1 views today

Tags: , , , , ,

FACEBOOK COMMENT