Mengapa Sidang Itsbat Penetapan Tanggal 1 Ramadhan 1435 H Tidak Akan Disiarkan Secara Live?

ChannelBerita.com – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama-nya tidak akan menyiarkan secara langsung sidang itsbat untuk penentuan tanggal 1 Ramadhan 1435 H. Hal ini berbeda dengan beberapa tahun terakhir yang biasanya setiap kali sidang itsbat selalu ditayangkan secara live dan bisa diikuti oleh seluruh masyarakat tanah air akan jalannya sidang melalui media televisi.

Keputusan ini diambil menyusul banyaknya usulan yang ditujukan kepada Kementerian Agama untuk menghindari adanya kesalahpahaman masyarakat dalam menyikapi setiap bagian dari jalannya sidang. Kesalahpahaman ini sering terjadi apalahi ketika masyarakat tidak mengikuti proses sidang tersebut secara utuh.

Pemerintah tetap akan menayangkan secara langsung namun hanya pada saat pembacaan keputusannya saja, sehingga masyarakat tetap bisa mendapatkan informasi kepastian kapan mulai memasuki bulan Ramadhan sehingga bisa menjalankan ibadah seperti seharusnya secepatnya.

Pada tahun ini, sidang itsbat penentuan tanggal 1 Ramadhan 1435 H akan diselenggarakan pada hari Jumat tanggak 27 Juni 2014. Sidang ini biasanya akan mengundang berbagai ormas Islam serta menghadirkan pula laporan dari berbagai daerah yang dijadikan tempat ditelitinya posisi rembulan pada saat waktu maghrib menjelang di hari dimana diperkirakan pergantian hitungan bulan terjadi.

Sementara itu, Muhamamdiyah sebagai salah satu ormas Islam yang sebelumnya dipastikan tidak akan menghadiri sidang itsbat, kini sedang membahas kemungkinan untuk menghadiri sidang tersebut seandainya memang tidak disiarkan langsung oleh media televisi. Muhammadiyah termasuk salah satu pihak yang mengusulkan proses jalannya sidang itsbat tidak disiarkan secara langsung kepada masyarakat.

Seperti diketahui, Muhamadiyah telah menetapkan puasa pertama Ramadhan tahun 1435 H ini akan dilaksanakan tanggal 28 Juni 2014, sehingga masyarakat sudah bisa melaksanakan ibadah shalat tarawih sejak jumat malam di tanggal 27 Juni 2014. (AR/CB)

193 total views, 1 views today

Tags: , , ,

FACEBOOK COMMENT