Munggahan, Mengenal Tradisi Menyambut Ramadhan di Masyarakat Islam

ChannelBerita.com – Jika kita bertanya apa arti dari istilah munggahan kepada anak-anak jaman sekarang, pasti seandainya dilakukan perbandingan jumlah mereka yang tidak tahu dengan yang tahu akan terpaut jauh. Tradisi munggahan memang kini mulai pudar seiring dengan berjalannya waktu, terkikis oleh modernisasi jaman.

Munggahan jika dilihat dari istilah kamus bahasa Sunda berasal dari kata “unggah”, yang artinya beranjak, yakni beranjak dari tempat yang lebih rendah menuju tempat yang lebih tinggi. Istilah munggahan merupakan penambahan imbuhan yang menyatakan sesuatu yang dilakukan oleh banyak orang.

Dalam hal ini istilah munggahan seringkali digunakan oleh masyarakat dulu ketika menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Sehingga bisa diartikan bahwa munggahan adalah momen perpindahan waktu menuju bulan suci Ramadhan, bulan yang memiliki nilai derajat lebih tinggi dibanding bulan lainnya dalam agama Islam.

Adapun bentuk dari tradisi munggahan ini biasanya diisi dengan acara kumpul-kumpul keluarga sebelum datangnya bulan Ramadhan. Ada yang dilakukan mulai dari beberapa hari menjelang bahkan hingga ada yang mengisinya dengan berkumpul pada saat sahur pertama di bulan Ramadhan.

Tidak heran jika kemudian berkembang bahwa tradisi mudik untuk mereka yang bekerja di kota-kota sebenarnya bukan hanya terjadi pada saat menjelang hari raya Idul Fitri-nya saja, melainkan jauh sebelumnya merekapun biasanya melakukan mudik untuk bisa berkumpul bersama, bersilaturahmi, bermaaf-maafan sebelum menjalankan rangkaian ibadah di bulan suci Ramadhan. (AR/ChannelBerita)

516 total views, 1 views today

Tags: , ,

FACEBOOK COMMENT