Mulai 1 Juli 2014 Tarif Dasar Listrik Naik Setiap 2 Bulanan?

ChannelBerita.com – Pemerintah akan menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) untuk enam tipe golongan pelanggan PLN. Kenaikan tarif dasar listrik ini akan diberlakukan mulai tanggal 1 Juli 2014. Diakui sebelumnya, kenaikan tarif dasar listrik ini memang sudah direncanakan oleh pemerintah untuk menghemat pengeluaran anggaran subsidi listrik.

Namun sayangnya, meskipun hal ini dirasakan cukup berat oleh masyarakat, ternyata selain di bulan juli kenaikan tarif dasar listrik ini akan kembali dilakukan pada bulan September serta November 2014. Atau dengan kata lain kenaikan ini akan diberlakukan setiap 2 bulan sekali setidaknya hingga akhir tahun 2014.

Dengan menaikkan tarif dasar listrik ini pemerintah bisa menghemat anggaran subsidi listrik sebesar Rp 8,51 triliun.

Awalnya, kenaikan ini akan dilaksanakan 1 Januari 2015, namun karena kondisi fiskal negara melemah maka dimajukan menjadi 1 Juli 2014 secara bertahap dua bulan sekali.  Dengan begitu setelah November 2014, listrik keenam golongan tersebut sudah tidak bersubsidi.

Untuk mengetahui lebih jauh daftar kenaikan tarif dasar listrik yang mengalami kenaikan, berikut daftar besaran kenaikan tarif listrik sepanjang 2014: (AR/ChannelBerita)

besar-kenaikan-tarif-listrik

 

811 total views, 2 views today

Tags: , ,

FACEBOOK COMMENT