Mau Mudik? Siap-siap, Pertamina Rencana Menghapus Penjualan BBM Ber-Subsidi di Rest Area Jalan Tol

ChannelBerita.com – Langkah Pertamina untuk melakukan penghematan Bahan Bakar Minyak (BBM) sepertinya mulai menemukan titik terang. Setelah beberapa upaya dari mulai wacana pemberlakuan RFID hingga menaikkan harga BBM dinilai belum begitu berhasil menekan angka konsumsi BBM bersubsidi, kini Pertamina berencana untuk menghapuskan penjualan BBM ber-subsidi berjenis premium di rest area jalan tol.

Rencana ini ditempuh agar volume konsumsi BBM bersubsidi tidak melampaui jatah yang sudah ditetapkan untuk tahun ini yaitu 46 juta kiloliter (kl).

Jalan tol dipilih sebagai sasaran awal penghapusan BBM bersubsidi ini karena penggunanya dianggap sebagai kelompok masyarakat yang mampu. Kelompok ini sudah tidak membutuhkan subsidi, karena jenis kendaraan yang menggunakan fasilitas tol adalah notabene kendaraan berjenis mobil, serta tidak ada sepeda motor ataupun mobil angkutan kota.

Rencana ini menjadi langkah awal untuk pemberlakuan tidak dijualnya BBM bersubsidi pada semua SPBU yang ada pada saatnya nanti.

Rencana penghapusan penjualan BBM bersubsidi di jalan tol ini telah dibahas oleh pihak Pertamina bersama dengan Badan Pelaksana Kegiatan Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) serta Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM). Namun pada pelaksanaannya masih menunggu surat dari BPH Migas sebagai payung hukum nantinya. (AR/ChannelBerita)

643 total views, 3 views today

Tags: , , ,

FACEBOOK COMMENT