Permasalahan Knalpot Aftermarket di Kawasaki Ninja 250 FI

ChannelBerita.com – Kali ini saya mau membahas tentang permasalahan yang akan di hadapi jika memakai knalpot after market ninja 250 FI, karna saya pernah make kedua tipe knalpot ini.

Dari segi bentuk leher knalpot, knalpot aftermarket ninja 250 FI ini dibagi menjadi 2 bagian , yaitu :

1. Knalpot dengan leher belok / tidak lurus.
Knalpot ini mengadopsi bentuk leher yang sama dengan knalpot original ninja 250 FI, dmn bagian bawahnya itu berbelok alias tidak lurus, hal ini karena Crankcase yang lebih besar drpd old ninja karbu, alhasil knalpot pun di bentuk sedemikian rupa sehingga jadilah seperti yang originalnya.

 (leher knalpot belok karna adanya mesin)

Keuntungan:
Lajur pipa knalpot bisa pas di bawah mesin alias nggak ke kiri dan nggak kekanan juga, jadi pas ditengah2x , fairing aman karna letak agak berjauhan.

Kerugian :
Jika pipa knalpot lebih besar dari yang original, karna biasanya pipa knalpot racing lebih besar dari yang original, nah karna lebih besarnya ini akan membuat masalah dikala pemasangannya. Bentuk belokan knalpot biasanya nggak bisa masuk persis di bawah mesin jadi biasanya agak turun kebawah, alhasil suka mentok klo lewat polisi tidur

Kesimpulan :
Jika anda membeli knalpot aftermarket / racing dengan tipe leher seperti ini lebih baik di pasang dulu baru bayar !!, karna bentuk pipa knalpot racing cenderung lebih besar dari original.

2.Knalpot dengan bentuk leher lurus 
Knalpot tipe ini sepertinya sama dengan knalpot ninja 250 karbu, bentuknya lurus langsung sampe silencer .

(Leher knalpot Lurus, Tapi membuat fairing kanan akan panas)

Kerugian :
Knalpot tipe ini agak berbahaya dengan fairing kanan baik itu kanan atas dan kanan bawah, kok bisa ?, kalau diperhatikan lajur pipa knalpot tipe ini akan di belokkan ke kanan dari pangkal knalpot, dengan kata lain akan mepet sekali dengan fairing sebelah kanan, knalpot itu panas !!, dan siap2x fairing anda meleleh !!, mau nggak mau anda harus pasang alumunium foil tape or exhaust wrap untuk meredam panasanya hawa knalpot !!!.

Keuntungan :
Karna saya make knalpot tipe ini, buka gas lebih responsif, mungkin karna saluran gas buang lebih lancar (pipa knalpot lurus) !!.
Pemasangan hampir semuanya rapih!!, jika body dilihat dari samping kanan, pipa knalpot tersembunyi terbungkus fairing (mirip knalpot original) dan aman dari polisi tidur !

Kesimpulan :
Lebih enak untuk berakselerasi, gerataran mesin juga lbh minim, disisi lain anda juga harus mencari akal untuk meredam hawa panas knalpot untuk fairing sebelah kanan 🙂

so ?? mau yang belok atau lurus ?? it’s your choice !! (DP/ChannelBerita)

2,283 total views, 7 views today

Tags: , , , ,

FACEBOOK COMMENT