Ini Dia Jalur Kereta Api Yang Akan Segera Dibangun di Sulawesi

ChannelBerita.com – Jika saja anda pernah menggunakan moda transportasi berupa kereta api di pulau Jawa ataupun Sumatera, maka itu menjadi sebuah hal yang biasa. Ini karena kali ini giliran masyarakat di pulau Sulawesi yang akan segera memiliki jalur kereta api tersebutuntuk menikmati moda transportasi si ular besi.

Jalur Trans Sulawesi yang hari ini (12 Agustus 2014) pembangunannya diresmikan dalam acara groundbreaking atau peletakan batu pertamanya oleh pemerintah direncanakan akan dimulai di Sulawesi Selatan. Jalur Makassar menuju Pare Pare menjadi tujuan pertama yang dijadikan sebagai tahap awal pembangunan jalur kereta pertama di Sulawesi ini. Diharapkan nantinya seluruh Sulawesi akan bisa terhubung oleh moda transportasi kereta api ini, tentunya dengan pembangunan jalur nya yang akan dilakukan secara bertahap.

Proyek pembangunan jalur kereta api rute Makassar-Pare Pare ini memiliki panjang 145,23 kilometer (km). Dan kesemuanya murni akan menggunakan dana yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara. Padahal sebelumnya pembangunan jalur kereta yang menghubungkan Makassar-Parepare ini awalnya tidak ditargetkan masuk dalam megaproyek yang akan digesa menjelang Kabinet Indonesia Bersatu II berakhir.

Pembangunan jalur kereta api di pulau Sulawesi ini tujuannya agar pertumbuhan ekonomi di wilayah ini akan tumbuh tinggi, penyerapan tenaga kerja bertambah, dan kemiskinan akan berkurang. (AR/ChannelBerita)

268 total views, 1 views today

Tags: , , , , ,

FACEBOOK COMMENT