Ini Dia Detik-detik Saat Ikan Hiu Menggigit Kabel Serat Optik Google di Bawah Laut

ChannelBerita.com – Google sepertinya harus merogoh uang lebih banyak kali ini. Ini karena kabel serat optik miliknya yang tertanam di bawah laut mengalami kerusakan setelah digigit oleh ikan hiu. Untuk itu Google berencana akan memperkuat infrastruktur jaringan bawah laut tersebut.

Seperti diketahui ada beberapa perusahaan yang memasang kabel serat optik di bawah laut. Tidak terkecuali perusahaan raksasa sekelas Google. Kabel-kabel serat optik tersebut merupakan lalu lintas internet di seluruh dunia, disana ribuan hingga milyaran data milik kita lalu lalang bagaikan lalu lintas jalan raya seperti yang biasa kita temui. Kabel-kabel serat optik tersebut padahal telah dilindungi oleh serangkaian lapisan untuk melindungi terhadap dampak dan dari gerakan yang bisa mematahkan serat-serat optiknya.

Meskipun demikian ternyata ketangguhan kabel-kabel optik tersebut masih harus kembali diperkuat. Hal ini terbukti dengan dilakukannya minimal sebanyak 50 kali perbaikan atas kabel-kabel tersebut setiap tahunnya.

Sebuah kamera berhasil merekam bagaimana detik-detik terjadinya kerusakan jaringan kabel serat optik yang dimiliki Google. Pada video tersebut sang hiu kemungkinan kebingungan akan tampilan warna kabel yang menyerupai ikan atau mungkin karena daya magnet yang dikeluarkan oleh jaringan kabel tersebut.

Berbagai gangguan pada jaringan kabel serat optik bawah laut

Pemasangan jaringan kabel serat optik bawah laut bukan berarti bebas tanpa hambatan. Hal ini juga mengalami hal yang sama seperti halnya jika dipasang di daratan, meskipun memang diakui oleh banyak pihak gangguan di bawah laut lebih sedikit jika dibandingkan dipasang di darat.

Beberapa gangguan yang kerap terjadi yang menyebabkan rusaknya jaringan kabel bawah laut menurut Google selain oleh serangan hiu diantaranya adalah karena kapal pukat ikan, jangkar, gempa bumi ataupun bahkan karena tekanan air di kedalaman. (AR/ChannelBerita)

3,996 total views, 1 views today

Tags: , ,

FACEBOOK COMMENT