Ketika Google-pun Berbatik di Hari Batik Nasional

Raksasa mesin pencari Google menyematkan tema batik di Hari Batik Nasional. Tema ini bisa anda temukan ketika memasuki halaman utama google dengan mengetikkan alamat www.google.co.id sebagai alamat khusus google dengan domain Indonesia. Hari Batik Nasional memang ditetapkan setelah UNESCO menetapkan Batik sebagai Warisan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 yang lalu. Semenjak itu Presiden Suliso Bambang Yudhoyono pun menetapkan bahwa pada tanggal 2 Oktober setiap tahun akan diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Bagi para pekerja di kota besar seperti Jakarta, penetapan Hari Batik Nasional ini juga diikuti dengan anjuran untuk mengenakan pakaian batik pada hari tersebut. Seperti halnya hari ini, kita bisa melihat banyak orang mengenakan pakaian bermotif batik lalu lalang di jalan, halte bis, stasiun, area perkantoran bahkan hingga di tempat-tempat rekreasi.

Batik menjadi warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO setelah sebelumnya muncul klaim atas budaya tersebut oleh negara lain. Indonesia sebagai pemilik warisan budaya tersebut memandang perlu untuk memperjuangkan copyright dari batik sebagai hasil karya warisan leluhur bangsa Indonesia. Batik nusantara tersebar di seluruh wilayah Indonesia, motifnya yang beragam menjadikan Indonesia memang menjadi sebuah negara yang kaya akan seni dan budaya.

Hari Batik Nasional menjadi satu bukti atas kecintaan masyarakat Indonesia atas warisan leluhurnya. Dengan selalu memperingati hari bersejarah ini diharapkan kecintaan tersebut akan tetap tumbuh dan semakin tumbuh untuk mencintai negeri yang kaya ini.

384 total views, 1 views today

Tags: , , , ,

FACEBOOK COMMENT