Pengendara Motor Dilarang Masuk Kawasan Thamrin

ChannelBerita.com – Hari ini (17 Desember 2014) Pemerintah Propinsi DKI Jakarta resmi memberlakukan peraturan larangan untuk sepeda motor masuk di kawasan Thamrin Jakarta Pusat. Peraturan ini menjadi satu aturan yang sebelumnya sempat menimbulkan kontroversi. Sepeda motor dilarang melintas kawasan jalan Medan Merdeka Barat hingga ke jalan MH Thamrin. Bagi anda yang mengendarai sepeda motor danĀ  memasuki kawasan tersebut akan dialihkan menuju jalan-jalan sekitarnya.

Pemberlakuan peraturan ini ditujukan untuk mengurangi angka kemacetan yang terjadi di kawasan tersebut. Meskipun banyak kalangan yang menyayangkan dengan peraturan tersebut karena angka kemacetan justru lebih banyak ditimbulkan oleh tidak tegasnya pemerintah dengan angka pertumbuhan mobil pribadi yang masuk ke kawasan Jakarta.

Sebelumnya pemeritah juga sempat memberlakukan uji coba Electronic Road Pricing (ERP) atau juga yang sering disebut “jalan berbayar”, yang telah lebih dulu sukses diterapkan di beberapa kota-kota besar di dunia. Namun hingga saat ini, atau hingga pemberlakukan peraturan larangan sepeda motor, ERP belum juga ada kabar kelanjutannya.

Angka kemacetan di kota Jakarta memang sudah sedemikian parah. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, diantaranya dengan menaikkan tarif parkir hingga pemberlakuan lawan arus (Contraflow) di beberapa ruas jalan, termasuk di jalan tol. Sebelumnya kebijakan contraflow ini sempat menuai pujian karena keberhasilannya mengurangi waktu tempuh bagi para pekerja yang akan menuju tempat mereka bekerja pada pagi hari, namun akhirnya mulai tanggai 1 Oktober 2014 kebijakan ini dihapuskan.

Denda Tilang Pengendara Motor

Pemberlakukan larangan sepeda motor melewati kawasan jalan Medan Merdeka Barat hingga jalan MH Thamrin bukan menjadi larangan yang asal-asalan. Pemerintah telah menetapkan besaran angka nominal maksimal denda bagi pengendara motor yang masih nekat melewati jalan tersebut. Adapun angka nominal denda ditetapkan sebesar 500 ribu rupiah untuk masing-masing pelanggaran. Meskipun angka ini akan ditentukan lebih lanjut nantinya oleh hakim di pengadilan nantinya. (AR – ChannelBerita)

279 total views, 1 views today

Tags: , , , , ,

FACEBOOK COMMENT