PLTS Terbesar di Inggris mulai beroperasi

The 46MWsolar Farm in East Hanney. -- Foto milik Belectric UK

The 46MWsolar Farm in East Hanney. — Foto milik Belectric UK

ChannelBerita.com – Inggris sekarang telah mendapatkan suplay baru untuk memenuhi kebutuhan penduduknya akan tenaga listrik.  Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) baru yang sanggup memberi listrik ke 14000 rumah ini berlokasi di East Hanney dekat Abingdon, Oxfordshire, Inggris.

PLTS berkapasitas 46MW ini merupakan perwujudan dari kebijakan Inggris dalam hal pemanfaatan Tenaga Matahari untuk dijadikan listrik. Sampai tahun 2012, Inggris telah menghasilkan 1000MW listrik dari PLTS. Sumber: disini.

Padahal melihat letak geografisnya, posisi negri ini berada di daerah yang tidak menerima siraman cahaya matahari secara penuh. Kadar Insolasi wilayah Inggris  adalah 2,9 KWh/m2/hari. Mari kita lihat peta perbandingan kadar siraman sinar matahari dibawah ini:

SolarGIS-Solar-map-Europe-en.png

SolarGIS-Solar-map-Europe-en” by SolarGIS © 2011 GeoModel Solar s.r.o. – http://solargis.info/free-solar-maps image. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons.

Namun kondisi tersebut tidak menyurutkan pemerintahan Inggris untuk menerapkan kebijakan pemanfaatan tenaga Surya sebagai solusi pembangkit tenaga Listrik.

Bandingkan dengan wilayah Indonesia:

SolarGIS-Solar-map-South-And-South-East-Asia-en.png
SolarGIS-Solar-map-South-And-South-East-Asia-en” by SolarGIS © 2012 GeoModel Solar – Image linked from free download page. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons.

Semoga Indonesia, yang notabene mempunyai sumber daya cahaya matahari yang lebih banyak, segera menyusul dengan dibangunnya PLTS-PLTS di seluruh wilayah Nusantara, terutama di daerah-daerah yang belum menikmati aliran listrik. (IR/ChannelBerita.com)

 

 

 

 

 

 

 

709 total views, 1 views today

Tags: , , ,

FACEBOOK COMMENT