Berharap Pada Kemungkinan Ini Tidak Terjadi Pada Pesawat AirAsia QZ8501

ChannelBerita.com – Minggu pagi 28 Desember 2014 kembali dunia penerbangan internasional dihentak dengan kabar dari pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 yang mengalami hilang kontak. Pesawat yang hingga kini belum juga diketahui nasibnya sejak resmi dinyatakan hilang pada pukul 08.00 kemarin mengalami nasib nahas pada saat melakukan perjalanan dalam rute penerbangan Surabaya menuju Singapura. Pesawat ini take off dari Bandara Juanda Surabaya pada pukul 05.20 dan di jadwalkan akan mendarat pada pukul 08.30 di bandara Singapura.

Kontak terakhir yang dilakukan antara pilot pesawat tersebut dengan pihak ATC terjadi pada pukul 06.17 sesaat setelah pesawat terbang dari bandara Juanda Surabaya. Titik terakhir yang diyakini sebagai satu-satunya petunjuk yang akurat akan keberadaan pesawat tersebut kini adalah berada di sekitar Pulau Belitung.

Pesawat AirAsia QZ8501 ini membawa penumpang 130 orang dewasa, 24 anak dan 1 bayi, adapun awak pesawat yang berada di dalamnya sejumlah 7 orang sehingga total ada 162 orang yang berada di pesawat tersebut.

Melihat dari apa yang terjadi berbagai spekulasi pun muncul. Meskipun hilangnya pesawat ini belum sampai memunculkan spekulasi seperti halnya pada saat pesawat MH370 milik Malaysia juga yang hingga kini belum juga ditemukan.

Jalur penerbangan di atas Bangka-Belitung dan Kepulauan Riau ini memang rawan muncul awan tebal. Awan ini memang seringkali ditakuti oleh para penerbang. Namun yang menjadi misteri hingga saat ini adalah dimana fungsi ELT (Emergency Locater Transmitter) masih dipertanyakan. Hanya ada satu kemungkinan yang bisa menjadikan ELT ini tidak mampu mengirimkan signal bahaya serta tanpa memberikan peringatan baik radio maupun transponder code. Kemungkinan ini hanya bisa disebabkan oleh sesuatu yang sangat mendadak.

Seandainya pesawat mendarat di darat, dipastikan memasuki lebih dari 24 jam ini maka sudah pasti akan ada kesaksian dari masyarakat. Namun senadainya pesawat mendarat di laut pun maka seharusnya  ELT akan berfungsi. Jika ELT sekalipun tidak berfungsi maka faktor external yang menyebabkan tersebarnya pesawat di udara (meledak) menjadi sesuatu kekhawatiran yang tidak diinginkan. (AR/ChannelBerita)

407 total views, 1 views today

Tags: ,

FACEBOOK COMMENT