Menanti Babak Akhir Pencarian Pesawat AirAsia QZ8501

ChannelBerita.com – Pencarian pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 telah memasuki hari ketiga. Sejak resmi dinyatakan hilang pada hari minggu 28 Desember 2014, siang ini akhirnya pihak Badan SAR Nasional (Basarnas) berhasil menemukan titik terang. Beberapa serpihan yang diduga kuat berasal dari badan pesawat tersebut berhasil dideteksi oleh petugas lapangan.

Laporan penemuan serpihan ini untuk pertama kali disampaikan oleh nelayan yang melaporkan melihat ada serpihan berwarna merah dan putih yang mirip dengan bagian pesawat AisAsia. Laporan ini untuk kemudian ditindaklanjuti dengan dikirimkan petugas untuk menyisir lokasi dengan menggunakan helikopter karena cuaca yang buruk sehingga tidak memungkinkan jika operasi dilakukan dengan menggunakan kapal laut. Berdasarkan laporan Basarnas, selain menemukan serpihan-serpihan yang diduga beradal dari badan pesawat, mereka juga melihat adanya objek yang diduga merupakan pelampung serta mayat manusia.

Saat iniĀ  petugas Basarnas bersama tim pencari pesawat AirAsia sudah dikerahkan menuju lokasi di perairan Karimata. Sebelumnya pihak AirAsia juga menyatakan akan mengajak keluarga penumpang untuk ikut serta pada proses pencarian yang dijadwalkan esok hari.

Pencarian pesawat AirAsia QZ8501 ini selain dilakukan oleh tim gabungan dari Basarnas, TNI AU dan TNI AL juga telah melibatkan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Australia dan terakhir menyusul Amerika Serikat. Jika memang benar objek-objek yang ditemukan itu berasal dari pesawat yang saat ini dicari maka ini bukan hanya menjadi duka bagi keluarga dan kerabat penumpang pesawat tersebut namun juga menambah duka bagi dunia penerbangan internasional sepanjang tahun 2014. (AR/ChannelBerita)

349 total views, 1 views today

Tags: , , , , , ,

FACEBOOK COMMENT