Patroli Drone di perairan Belize

 

ChannelBerita.com – Adalah Belize, sebuah negara di kawasan Amerika Tengah, yang telah memanfaatkan Drone atau Pesawat Terbang kecil tanpa awak untuk melakukan patroli di wilayah perairannya.

Adapun tugas utama dari Drone ini adalah untuk mendeteksi keberadaan kapal-kapal pencuri ikan. Selain itu Drone ini juga bertugas untuk mendeteksi aktifitas-aktifitas yang merusak keindahan Terumbu Karang di wilayah lepas pantai Belize.

Sistem pengawasan dengan memanfaatkan Drone ini merupakan hasil kerjasama antara Departemen Perikanan Belize dengan Wildlife Conservation Society (WCS) dan Conservation Drones.

Program ini telah melalui serangkaian uji coba yang dilaksanakan sejak bulan Juli 2013, dan telah beroperasi secara penuh sejak Juni 2014. “Belize telah menjadi pemimpin untuk masalah perlindungan wilayah perairan, contohnya Suaka Alam Laut Glover’s Reef. Namun penegakan hukum di tengah laut itu tidaklah mudah,” Ujar Julio Maaz, Koordinator Komunitas Perikanan untuk Program Kelautan WCS di Belize.”Drone bisa meningkatkan kemampuan kita dalam mendeteksi aktifitas ilegal dengan biaya operasi yang lebih murah dibanding dengan pengoperasian kapal patroli.”

Pesawat tanpa awak ini mempunyai daya jelajah sejauh 50 km (31 mi) sekali terbang. Drone ini juga dilengkapi dengan perangkat kamera beresolusi tinggi yang membuatnya mampu menangkap foto dan video berresolusi tinggi. Dengan kemampuan ini, pihak aparat akan bisa mememonitor wilayah di sepanjang pantai dan lepas pantai Belize. Dan ketika Drone menangkap kegiatan illegal dan mengetahui titik koordinatnya, dengan segera pihak berwenang akan mengirim kapal patroli untuk menangkap para pelakunya. (IR/ChannelBerita)

Disarikan dari berbagai sumber.

 

 

2,472 total views, 3 views today

Tags: , , , , ,

FACEBOOK COMMENT